Leave a comment

Kurikulum PAUD

Yang dimaksud dengan kurikulum adalah suatu perencanaan pengalaman belajar secara tertulis. Kurikulum itu akan berdampak pada seluruh kegiatan yang terjadi di sekolah. Rancangan tersebut akan merupakan silabus yang berupa daftar judul pelajaran dan urutannya akan tersusun secara runtut sehingga merupakan sebuah program.

Dalam merencanakan suatu kurikulum untuk anak, guru harus memilih tujuan, bagaimana mengorganisasi isi kurikulum untuk anak, guru harus memilih tujuan, bagaimana mengorganisasi isi kurikulum, memilih bentuk pengalaman belajar bagi anak, bagaimana urutan pelajaran diberikan dan kemudian menentukan bagaimana melakukan penilaian terhadap hasil belajar anak dan program itu sendiri.

Dalam Patmonodewo (2003 : 56) Cara menyusun dan menyampaikan bahan pendidikan kepada anak. Kurikulum adalah unsur yang sangat penting dalam usaha untuk mencapai tujuan pendidikan. Ada berbagai bentuk organisasi kurikulum yang dikembangkan oleh para pakar pendidikan, yaitu

1. Kurikulum yang sifatnya terpisah-pisah.

Setiap mata pelajaran mempunyai kurikulum tersendiri dan satu dengan lainnya tidak adak kaitannya, karena masing-masing mata pelajaran mempunyai organisasi yang terintegrasikan. memang dalam beberapa hal kurikulum semacam ini masih diakui keunggulannya karena dalam menyusun kurikulum satu mata pelajaran tidak perlu mempertimbangkan atau dikaitkan dengan mata pelajaran lainnya.

2. Kurikulum yang saling berkaitan.

Antara masing-masing mata pelajaran ada keterkaitannya, antara dua mata pelajaran masih ada kaitannya. Dengan demikian anak mendapat kesempatan untuk melihat keterkaitan antarmata pelajaran, sehingga anak masih dapat belajar menimplementasikannya walaupun hanya antara dua mata pelajaran saja.

3. Kurikulum yang terintegrasikan.

Dalam kurikulum ini anak mendapat pengalaman yang luas, karena antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lainnya saling berkaitan. Dengan demikian seluruh mata pelajaran merupakan satu kesatuan yang utuh. Untuk guru sendiri, kurikulum model integrasi lebih sulit untuk dirancang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: